Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Negara Juara Pemenang Piala Eropa Terbanyak

juara pemenang piala eropa terbanyak

Juara Pemenang Piala Eropa Terbanyak - Sejak pertama kali digelar ada Dua Negara yang sukses menjadi pemenang piala Eropa terbanyak dengan masing-masing 3 gelar juara.

Perlu untuk diketahui, bahwa Piala Eropa hingga saat ini sudah berlangsung selama 16 kali, terakhir piala Eropa yang diadakan pada bulan Juli 2021 yang lalu.

Dimana penyelenggaraan turnamen tersebut mundur dari jadwal yang seharusnya tahun 2020 karena situasi dunia yang sedang dalam masa pandemi covid-19.

Pada awal digelar tahun 1960 turnamen ini bernama European Nations Cup atau kejuaraan antar negara eropa.

Kemudian di tahun 1968 berganti nama menjadi European Cup dan kemudian lebih sering disebut EURO sejak tahun 1996 hingga saat ini.

Dari 16 kali penyelenggaraan, ada sepuluh tim yang sukses mengoleksi gelar juara piala Eropa.

Negara-negara tersebut antara lain, Jerman,Spanyol,Italia,Prancis,Uni Soviet,Ceko,Portugal,Belanda,Denmark, Dan Yunani.

Dan sebagai Juara bertahan tentu saja Tim Azzuri Italia. Mereka sukses memenangkan gelar juara piala eropa keduanya tersebut. Setelah di partai final Italia sukses mengalahkan Inggris pada bulan juli 2021 yang lalu di Wembley Stadium.

Meski pada final tersebut Inggris berkesempatan menjadi tuan rumah,namun Mereka harus rela menunda keinginan Mereka untuk merengkuh gelar kampiun untuk kali pertama. Inggris kalah melalui babak adu pinalti.

Daftar Juara Piala Eropa Terbanyak

Lalu Negara mana yang sukses menjadi kolektor Piala Eropa terbanyak ?

Dari catatan yang berhasil Kami himpun, ada dua Negara yang saat ini memegang status juara Euro paling banyak. Kedua negara tersebut sama-sama mengoleksi tiga gelar juara.

1. Spanyol ( 1964, 2008, 2012 ) pemenang piala eropa terbanyak

Negeri matador ini pertama kali memenangkan Euro pada tahun 1964 setelah sukses mengalahkan juara bertahan Uni Soviet dengan skor tipis 2 - 1.

Pada saat itu Spanyol menjadi tuan rumah ketika Euro digelar untuk kali kedua setalah pertama kali pada tahun 1960 yang diselenggarakan di Prancis.

Gelar kedua Spanyol Mereka raih pada EURO 2008. Pada partai final Mereka sukses mempecundangi Jerman dengan skor tipis 1 - 0. Gol kemenangan Spanyol dicetak Fernando Torres.

Kemudian gelar Ketiga terjadi pada tahun 2012 setelah menghajar Italia di Final dengan skor telak 4 - 0. Ketiga gelar tersebut menempatkan Spanyol menjadi juara pemenang piala eropa terbanyak.

2. Jerman ( 1972, 1980, 1986 ) pemenang piala eropa terbanyak

Negara kedua yang paling sering memenangkan piala Eropa adalah Jerman yang juga mengumpulkan 3 gelar seperti Spanyol. Gelar pertama tim panser didapatkan pada tahun 1972, saat itu masih berpartisipasi sebagai Jerman Barat.

Di final Euro 1972 tersebut, Jerman sukses membabat Uni Soviet dengan skor telak 3 - 0.

Delapan tahun kemudian, tepatnya tahun 1980 Jerman sukses mengulang prestasinya dengan mengandaskan Belgia di partai final dengan skor tipis 2 - 1.

Sedangkan gelar ketiga Jerman yang sudah bersatu ( sebelumnya terbagi menjadi Jerman Barat dan Jerman Timur ) berhasil diraih pada tahun 1996. Pada Piala Eropa yang digelar di Inggris tersebut, Jerman sukses mengalahkan Ceko di partai final dengan skor 2 - 1.

Meskipun di ajang Eropa Jerman baru mengoleksi 3 gelar juara piala eropa, namun untuk ajang piala dunia Jerman sukses meraih 4 gelar juara. Daftar juara piala dunia lain baca selengkapnya disini.

Posting Komentar untuk "Negara Juara Pemenang Piala Eropa Terbanyak"