Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Sebagai Tim Besar di Dunia Berapa Kali Jerman Menjadi Juara Piala Dunia ?

berapa kali jerman menjadi juara piala dunia
Image Source : Getty Images

Berapa Kali Jerman Menjadi Juara Piala Dunia ? - Sebagai salah satu tim besar di dunia Jerman selalu menjadi unggulan dalam setiap perhelatan world cup, lalu berapa kali Jerman sukses mejadi juara piala dunia.

Perlu diketahui bahwa sebelumnya, Jerman terpecah menjadi dua Negara, yakni Jerman Barat dan Jerman Timur pada masa perang dunia. Namun dalam bidang sepakbola, Jerman lebih mendominasi prestasinya ketimbang Jerman Timur.

Hal itu terbukti dengan beberapa kali Jerman Barat sukses menjadi kampiun Piala Dunia. Sedangkan Jerman Timur belum sekalipun mampu meraih gelar tertinggi di turnamen antar negara tersebut.

Dan pada tanggal 3 Oktober 1990 terjadi unifikasi antara Jerman Barat dan Jerman Timur. Hingga sekarang hanya satu negara, Jerman.

Lalu berapa kali Jerman menjadi juara piala dunia ?

Secara keseluruhan, Jerman menjadi salah satu negara eropa yang paling sukses di ajang world cup dengan koleksi 4 gelar.

Namun Setelah reunifikasi, Jerman sebagai satu negara kesatuan hanya mampu meraih gelar juara piala dunia satu kali. Yakni pada tahun 2014 di Brasil. Karena 3 gelar sebelumnya diperoleh sebagai Jerman Barat.

4 Kali Jerman Menjadi Juara Piala Dunia

Tercatat Jerman telah memenangkan gelar juara piala dunia sebanyak 4 kali, selengkapnya berikut ini.

1. Piala Dunia 1954 di Swiss

untuk kali pertama Jerman memenangkan piala dunia pada tahun 1954 yang diselenggarakan di Negara Swiss. Pada ajang Word Cup ini, Jerman berpartisipasi sebagai Jerman Barat karena sebelumnya terpecah menjadi dua kubu, Barat dan Timur.

Selain itu, pada Piala Dunia di Swiss ini juga menjadi turnamen pertama yang Mereka ikuti setelah di banned akibat perpecahan dan keterlibatan Mereka dalam Perang dunia kala itu.

Pada pertandingan final piala dunia 1954 ini, Jerman sukses mengalahkan Hungaria dengan dramatis. Mereka berhasil memenangkan pertandingan final dengan membalikkan kedudukan menjadi 2 - 3, setelah Mereka tertinggal 2 - 0.

2. Piala Dunia 1974 di Jerman

Sebagai tuan rumah dan juga sebagai tim yang saat itu dihuni pemain-pemain top di masanya, Jerman tentu menjadi tim yang diunggulkan untuk memnangkan turnamen 4 tahunan ini.

Dan benar saja, Tim panser pun sukses meraih gelar kampiun piala dunia keduanya. Pada partai final yang dilangsungkan di Berlin (7 Juni 1974), Jerman sukses mempecundangi tim negeri kincir angin Belanda dengan skor tipis 2 - 1. Dua gol kemenangan Jerman dicetak oleh Paul Breitner dan Gerd Muller.

3. Piala Dunia 1990 di Italia

di fInal world cup 1990, Jerman sdaat itu berposisi sebagai tim yang tidak diunggulkan. Pasalnya, tim yang Mereka hadapi adalah Argentina. Dimana saat itu tim tango masih diperkuat oleh Diego Armando Maradona.

Selain itu, pada edisi world cup sebelumnya (1986 di Mexico ), Jerman mampu ditundukkan oleh Argentina. Alasan ini membuat publik sepakbola kala itu tentu mengaminkan prediksi yang mengunggulkan Argentina sebagai calon kuat untuk menjuarai Piala dunia 1990 yang berlangsung di Italia tersebut.

Namun fakta berbicara lain, Jerman mampu menjungkirbalikkan prediksi tersebut. Franz Beckenbauer dan kawan-kawan berhasil mengalahkan Maradona CS dengan skor tipis 1 - 0.

dan berakhirnya piala dunia 1990 di Italia ini menandai berakhirnya petualangan Jerman barat. Ya, karena 4 bulan paska kemenangan Jerman barat ini, terjadi unifikasi antara Jerman Barat dan Timur.

4. Piala Dunia 2014 di Brasil

Pada babak penyisihab grup, Jerman bertemu dengan tuan rumah, Brasil. pada pertandingan tersebut menjadi catatan sejarah yang mungkun tidak akan pernah dilupakan oleh publik pecinta sepakbola.

Bagaimana tidak ? Brasil yang notabene berstatus sebagai tuan rumah dengan materi pemain kelas wahid dan digadang-gadang sebagai calon kuat juara dunia, nyatanya begitu mudah diobok-obok oleh Jerman.

Highlight Final Piala Dunia 2014 Jerman Vs Argentina

Ketika itu Philipp Lahm CS sukses menggunduli Brasil dengan skor sangat telak 1 - 7. Salah satu gol kemenangan Jerman menjadi catatan rekor piala dunia karena dicetak oleh Miroslav Klose, berkat gol tersebut Klose kini menjadi pencetak gol terbanyak di ajang piala dunia dengan 16 gol.

Sementara itu, di partai Final Jerman berhadapan dengan Lionel Messi CS. Dan lagi-lagi banyak yang mengunggulkan Argentina yang akan keluar sebagai jawara.

Namun, sekali lagi fakta berbicara lain, Jerman lah yang akhirnya sukses merajai ajang piala dunia 2014 di Brasil tersebut. Mereka sukses mengandaskan harapan Argentina untuk memperbanyak koleksi gelar juaranya, dengan skor tipis 1 - 0.

Gol sermata wayang sekaligus kemenangan Jerman dicetak oleh Mari Gotze di menit-menit akhir jelang pertandingan final berakhir dalam babak extra time. Tepatnya go tersebut terjadi di menit ke 113'.

Jadi selam 21 edisi piala dunia digulirkan, Jerman telah 4 kali menjadi juara dunia. Berada di posisi kedua sebagai negara yang paling banyak memenangkan World Cup bersama Italia. Sedangkan di posisi pertama diduduki Brasil dengan 5 koleksi gelar juara.

Sedangkan di level Eropa, Jerman menjadi urutan pertama sebagai negara terbanyak peraih juara piala Eropa dengan 3 gelar bersama Spanyol.

Posting Komentar untuk "Sebagai Tim Besar di Dunia Berapa Kali Jerman Menjadi Juara Piala Dunia ?"