Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Final Liga Champion 1997 Antara Borussia Dortmund Vs Juventus

final liga champion 1997

Borussia Dortmund Vs Juventus di Partai Final Liga Champion 1997 - Final liga champions 1996/1997 mempertemukan Borussia Dortmund melawan Juventus tepatnya tanggal 29 Mei 1997 (uefa.com).

Partai final champions league 1997 ini dilangsungkan di markas Bayern Munchen,Olimpiastadion. Meski bukan kandang sendiri,namun bermain di Negara sendiri tentu menjadi poin positif bagi Borussia Dortmund.

Tim yang berseragam kombinasi warna hitam kuning ini bukan merupakan tim favorit untuk menjadi juara kala itu. Mereka berstatus tim underdog. Mengingat lawan yang Mereka hadapi din final UCL 1997 ini,Juventus, merupakan juara bertahan.

di final champions league musim sebelumnya,yakni final UCL 1996,Juventus sukses menyabet gelar juara setelah sukses mengalahkan Ajax Amsterdam melalui drama adu tendangan pinalti.

Selain berstatus juara bertahan, Juventus juga dihuni oleh pemain-pemain bintang di masanya. Sebut saja Zinedine Zidane,Alessandro Del Piero,Alen Boksic,dan juga Christian Vieri.

Jalannya Pertandingan Babak Pertama Final UEFA Champions League 1997

Seperti pada umumnya partai final,kedua tim juga menampilkan permainan yang cukup menghibur. Saling serang masing-masing pertahanan lawan tak terhindarkan.

Juventus yang dimotori Zinedine Zidane berulang kali memperoleh peluang emas di depan gawang Borussia Dortmund yang dikawal oleh Stefan Klos. Namun Christian Vieri yang berperan sebagai juru gedor Bianconerri gagal memanfaatkan peluang tersebut.

Sebaliknya,Borussia Dortmund yang berusaha mencuri keunggulan akhirnya membuahkan hasil. Mereka yang bermain tanpa beban sukses membobol gawang Angelo Peruzzi melalui kaki Karl-Heinz Riedle.

Bermula dari tendangan sudut Andreas Möller yang berhasil dihalau barisan pertahanan Juventus,bola liar mengarah ke Paul Lambert yang dengan sempurna mengirim umpan silang ke arah Riedle. dengan tenang Riedle pun tak menyia-nyiakan kesempatan emas tersebut. Ia sukses menceploskan bola ke gawang Juventus. Skor berubah menjadi 1 - 0 untuk Dortmun di menit ke 29 babak pertama final liga champion 1997.

Tak butuh waktu lama,di menit ke 35 anak asuh Ottmar Hitzfeld ini kembali membuat gol kedua. Dan lagi-lagi Riedle lah aktor terciptanya gol kedua tersebut.

Proses terjadinya gol kedua Borussia Dortmund di final liga champion 1997 ini juga sama seperti gol pertama. Andreas Möller yang kembali mengambil peran sebagai eksekutor tendangan sudut, mengirim umpan matang ke arah kotak pinalti Juventus dan disambut dengan tandungan oleh Riedle tanpa mampu dibendung oleh Angelo Peruzzi.

Meskipun Juventus berusaha untuk membuat peluang untuk menyamakan kedudukan. Salah satu peluang emas Juventus didapatkan Zidane,namun  tendangan keras menyisir tanah yang dilakukannya hanya membentur tiang gawang Dortmund yang dikawal Stefan Klos.

Demikian juga dengan Christian Vieri. Ia sempat membuat gol ke gawang Dormund namun gol tersebut dianulir oleh wasit yang memimpin pertandingan karena Vieri dianggap handsball.

Peluang-peluang lain juga diperoleh Juventus. Namun semua usaha yang dilakukan anak asuh Marcello Lippi tersebut gagal membuahkan gol.

Hingga babak pertama final liga champion 1997 usai,skor tidak berubah. Dortmund tetap unggul dengan dua gol tanpa balas.

Pertandingan Babak Kedua Final Liga Champions 1997 Borussia Dortmund Vs Juventus.

di babak kedua, Marcello Lippi yang merasa lini serangnya kurang tajam akhirnya memasukkan satu striker lagi,Alessandro Del Piero, pemain yang dikemudian hari mendapat julukan Pangeran Turin ini menggantikan Sergio Porrini.

Strategi Lippi ini membuahkan hasil. Alessandro Del Piero yang baru masuk di babak kedua tersebut sukses memperkecil kedudukan menjadi 2 - 1 di menit ke 65.

Proses terjadinya gol Del Piero bermula dari kerjasama apik antara Zidane,Vieri,dan Boksic yang kemudian dikonversi menjadi gol oleh Del Piero melalui tendangan backheel-nya.

Terciptanya gol balasan Juventus ini membuat pertandingan kembali terbuka. Semangat para jugador Juventus kembali meningkat. Mereka lebih percaya diri setelah gol Del Piero tercipta.

Dortmund yang merasa tertekan setelah gol Del Piero tersebut berusaha membendung serangan-saerangan pemain Juventus dengan sekali-kali melakukan serangan balik.

Angin keberuntungan nampaknya berhembus ke kubu wakil Jerman ini. Tak butuh waktu lama,selang 6 menit dari gol balasan Juventus,Dortmund kembali meciptakan gol ketiganya.

Kali ini, Pemain yang baru masuk menit ke 70,Lars Ricken, sukses mengelabuhi Angelo Peruzzi. Tendangan Ricken yang dilakukan dari luar kotak pinalti sukses melewati jangkauan Peruzzi yang berdiri terlalu jauh dari gawanganya. Momen ini terjadi semenit setelah Ricken masuk lapangan menggantikan Stephane Chapuisat.

Setelah Gol Lars Ricken,kedua tim sama-sama gagal meanmbah gol. Hingga peluit dibunyikan wasit sebagai tanda usainya pertandingan final liga champion 1997. dan Borussia Dortmund keluar sebagai juara setelah menang atas Juventus dengan skor 3 - 1.

borussia dortmund vs juventus 1997

Susunan Pemain Borussia Dortmund di Final Liga Champion 1997

Berikut ini adalah pemain-pemain Borussia Dortmund yang tampil sebagai pemain utama dalam final liga champion 1997 :
  1. Stefan Klos
  2. Stephane Chapuisat
  3. Stefan Reuter
  4. Matthias Sammer
  5. Andreas Muller
  6. Karl-Heinz Riedle
  7. Paul Lambert
  8. Jurgen Kohler
  9. Martin Kree
  10. Jorg Heinrich
  11. Paulo Sousa

Skuad Juventus di Final Liga Champions 1997

dan berikut daftar skuad utama Juventus di final liga champion 1997 melawan Borussia Dortmund :
  1. Angelo Peruzzi
  2. Paolo Montero
  3. Ciro Ferrara
  4. Angelo Dilivio
  5. Sergio Porrini
  6. Mark Iuliano
  7. Didier Deschamps
  8. Alen Boksic
  9. Christian Vieri
  10. Zinedine Zidane
  11. Vladimir Jugovic

Serba-serbi Final Liga Champions Musim Kompetisi 1996/1997

ada catatan menarik pada final liga champion 1997 ini. anatara lain :
  • Mencapai Partai final liga champion 1997 merupakan prestasi terbaik Borussia Dortmund di kancah persepakbolaan Eropa.
  • Dortmund pertama kali masuki final Champions League 1997 sekaligus sukses menjadi juaranya.
  • Juventus sebagai Juara bertahan Champions League kala itu menjadi tim yang diunggullkan. Meski akhirnya Mereka harus menerima kekalahan dari tim underdog.
  • Juventus masuk final dua kali beruntun. Musim sebelumnya,1995/1996, Mereka juga masuk final dan menjadi juaranya setelah menyingkirkan Ajax melalui drama tendangan pinalti.
  • Stefan Klose,penjaga gawang Dortmund bersama Angilo Dilivio dan Ciro Ferrara dari Juventus mencatatkan namanya sebagai pemain yang paling sering tampil di ajang champions legue musim 1996/1997.

dan sekarang (2021),kedua tim sama-sama belum berhasil menjuarai kompetisi antar jawara liga domestik eropa. Prestasi terbaik Dortmund setelah final liga champion 1997 ini adalah Mereka kembali mencapai final UCL pada tahun 2013 yang lalu. Namun Mereka kalah saat melawan tim senegaranya,Bayern Munchen.

Sedangkan bagi Juventus,kegagalan di final liga championns 1997 menjadi rentetan nasib sial yang harus Mereka jalani. Pasalnya,Mereka selalu kalah di final UCL yang pernah Mereka ikuti.

Tercatat,Bianconerri sukses kembali  melaju ke final liga champhions pada 1998,2003,2015,dan 2017. dan Mereka selalu kalah di partai puncak tersebut. Sehingga Mereka pun tercatat sebagai tim yang paling sering kalah di final UCL dengan 7 kali kekalahan.

Dalam daftar pemegang juara liga champions , Juventus berada di posisi ke-9 dengan 2 gelar juara. Sedangkan Borussia Dortmund berada di posisi ke-17 dengan hanya 1 gelar juara.

Posting Komentar untuk "Final Liga Champion 1997 Antara Borussia Dortmund Vs Juventus"