Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Final Liga Champion 1993 Antara Marseille Vs AC Milan

marseille vs ac milan

Final Liga Champion 1993 Antara Marseille Vs AC Milan - Pada liga champions musim kompetisi 1992/1993 merupakan musim pertama kejuaraan ini berubah nama menjadi UEFA CHAMPIONS LEAGUE. Sebelumnya kompetisi antar tim jawara liga domestik di Eropa ini menggunakan nama Piala Champions.

Final pertama tentu saja pertemuan antara wakil dari Prancis,Olympique Marseille, dan wakil dari Italia,AC Milan.

Pada final liga champions musim 1992/1993 tersebut, Marseille sukses keluar sebagai pemenangnya. Mereka unggul atas AC Milan dengan skor tipis 1 - 0.

Kemenangan Marseille tersebut menjadi rekor yang patut dicatat dalam buku sejarah persepakbolaan Prancis. Pasalnya Marseille menjadi tim pertama asal Negeri menara Eiffel yang sukses menjuarai kompetisi kasta tertinggi antar Tim Eropa.

Jalannya Pertandingan Final Liga Champions Marseille Vs AC Milan 1993

Pada umumnya partai final. Tim-tim yang sukses melaju ke final tentu tim terbaik saat itu. Mengingat skuad kedua tim memang dihuni oleh para pemain bintang di eranya. Sebut saja Frank Rijkaard,Paolo Maldini,Franco Baresi,dan Marco Van Basten dari AC Milan. Sementara Marseille sendiri diperkuat oleh Rudy Voller,Marcel Desailly,Didier Deschamp dan Alan Boksic.

Di industri sepakbola saat ini,kemungkinan nama-nama di atas cukup asing bagi pecinta sepakbola di kalangan milenial. Kecuali beberapa nama yang sempat aktif sebagai pelatih. Seperti Frank Rijkaard yang sukses ketika menukangi Barcelona,Marco Van Basten,dan Didier Deschamps yang saat ini juga masih aktif sebagai pelatih.

Dengan skuad terbaik yang kedua tim miliki,pertandingan pun berlangsung sangat menarik. Hanya saja kedua tim juga menampilkan permainan yang cukup keras.

Karena kerasnya permainan saat itu,pelanggaran0pelanggaran yang menjurus kasar pun seringkali tak terhindarkan.

Pada pertandingan Marseille Vs AC Milan,Tim wakil Italia tentu yang diunggulkan untuk menjadi pemenang final liga champions,tentu saja di atas angin. Sayangnya, Marseille lebih dulu memperoleh keunggulan dipenghujung babak pertama.

Marseille sukses membuat gol keunggulan pada menit ke 43 melalui tandukan kepala pemain belakang Mereka Basile Boli.

Gol yang dicetak Boli bermula dari tendangan sudut yang dilakukan oleh Abedi Pele. Pemain asal Ghana tersebut mengirim bola ke dalam kotak pinalti yang disambut dengan tandukan kepala oleh Basile Boli. Bola yang meluncur ke sisi kanan gawang AC Milan gagal ditepis Gianluca Pagliuca dan membuat Rosoneri ketinggalan 1 - 0.

Skor tersebut tidak berubah hingga pertandingan usai. AC Milan harus rela kehilangan kesempatan juara. Sedangkan Olympique Marseille mencatatkan rekor sebagai tim asal Prancis yang menjuarai liga champions Eropa.

Susunan Pemain Marseille di Final Liga Champions 1993

Berikut ini skuad Marseille saat melawan AC Milan di final champions league 1993 :
  1. Fabien Barthez
  2. Jocelyn Angloma
  3. Éric Di Meco
  4. Basile Boli
  5. Franck Sauzée
  6. Marcel Desailly
  7. Jean-Jacques Eydelie
  8. Alen Bokšić
  9. Rudi Völler
  10. Abedi Pele
  11. Didier Deschamps
Pelatih : Raymond Goethals

Susunan Pemain AC Milan pada Final UCL 1993

Berikut nama-nama bintang yang mengisi skuad AC Milan di final UCL 1993 :
  1. Sebastiano Rossi
  2. Mauro Tasotti
  3. Alessandro Costacurta
  4. Franco Baressi
  5. Paolo Maldini
  6. Gianluigi Lentini
  7. Dimitrio Albertini
  8. Frank Rijkaard
  9. Roberto Donadoni
  10. Marco Van Basten
  11. Daniele Massaro
Pelatih : Fabio Capello (source : wikipedia.com)

Serba-serbi Final Liga Champions Marseille Vs AC Milan

  • Menjadi tim yang diunggulkan membuat AC Milan tak mampu membuat Mereka bisa menaklukkan Marseille. Meski saat itu AC Milan dihuni oleh sederetan nama bintang sepakbola di masanya.
  • Sukses menjadi juara liga champions membuat Marseille menjadi tim asal Prancis pertama yang menjuarai kompetisi anatar tim eropa tersebut
  • Pertandingan Final Marseille Vs AC Milan dilangsungkan di markas Bayern Munchen sebelumnya,Olimpiastadion.

Meski AC Milan kalah atas Marseille di musim kompetisi 1992/1993,Mereka akhirnya sukses meraih gelar juara di musim berikutnya. Mereka sukses melaju ke final 1994 dan mengalahkan wakil Spanyol,Barcelona. Baca juga : daftar juara liga champions.

Sedangkan bagi Tim asal Prancis sendiri,partai final liga champions 1993 Marseille Vs AC Milan adalah final terakhir yang berhasil Mereka capai. Karena hingga saat ini Mereka belum pernah sekalipun mengulang prestasi tersebut.

Posting Komentar untuk "Final Liga Champion 1993 Antara Marseille Vs AC Milan"