Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Final Liga Champion 1992 Antara Sampdoria Melawan Barcelona

Final Liga Champion 1992

Final Liga Champion 1992 - Final Champions League 1992 mempertemukan Sampdoria wakil Italia dan Barcelona wakil dari Negeri matador,Spanyol.

Barcelona yang pada musim sebelumnya sukses mearaih juara Piala Winners (sekarang Europa League) datang ke Wembley Stadium dengan penuh percaya diri. Mereka berkeyakinan akan sukses memenangkan laga Final Liga Champion 1992.

Berbekal materi pemain top kala itu,bukan sebuah kemustahilan keinginan Barca merengkuh juara liga champions untuk kali pertama akan terrealisasi. Meski lawan yang Mereka hadapi juga bukan tim abal-abal. Bintang sepakbola Italia menghuni skuad Sampdoria.

Pada partai final champions league 1992 ini juga melahirkan pelatih-pelatih top dunia di era sepakbola modern sekarang ini. Sebut saja Joseph Guardiola,Ronald Koeman,Srecko Katanec,dan Roberto Manchini.

Ya,nama-nama pelatih yang disebut di atas adalah mantan pemain Barcelona dan Sampdoria di final liga champion 1992.

Berakhirnya musim kompetisi 1991/1992 ini menandai berakhirnya pula Piala Champions. Kemudian turnamen tersebut resmi berganti nama menjadi liga champions eropa dan juga memberlakukan format baru yang mengizinkan tim peringkat kedua di liga domestik turut ambil bagian di ajang liga champions tersebut (wikipedia).

Bahkan saat ini, tim peserta liga Uefa Champions League juga diambil dari peringkat 3 dan 4 di setiap liga domestik.

Jalannya Pertandingan Final Liga Champions 1992

Bertindak sebagai tim tuan rumah di final liga champions 1992, Sampdoria tampil dengan skuad terbaik yang Mereka miliki. Roberto Mancini,Gianluca Vialli,Attilio Lombardo,dan Penjaga gawang Gianluca Pagliuka.

Pada umumnya tim asal Italia, Sampdoria juag atampak menghgunakan strategi bertahan dengan sesekali melakukan serangan tajam setiap kali ada kesempatan.

Kecepatan lari dan akurasi umpan Attilio Lombardo menjadi tumpuhan serangan Smpdoria dari sisi kanan Mereka. Didukung Gianluca Vialli dan Roberto Mancini yang bertugas sebagai eksekutor dari setiap umpan-umpan lambung lombardo dari sektor kiri pertahanan Barcelona.

roberto mancini sampdoria

Sementara itu,Barcelona sejak peluit kick off dibunyikan wasit berinisiatif untuk menggunakan strategi menyerang. Joseph Guardiola yang bertindak sebagai distributor bola memastikan aliran bola berjalan lancar mulai dari barisan pertahanan hingga barisan penyerang.

Para defender Elbarca pun tak jarang turut serta membantu serangan. Ronald Koeman bahkan sering meninggalkan pos nya untuk mendukung para striker Barcelona yang saat itu diperankan oleh Hristo Stoickov dan Michael Laudrup.

Namun,hingga pertandingan waktu normal,kedua tim sama-sama gagal menghasilkan gol. Final liga champion 1992 pun dilanjutkan dengan babak tambahan waktu.

Gol Penentu Kemenangan Final Champions League 1991/1992

Meski energi kedua tim terkuras di pertandingan normal,baik Sampdoria maupun Barcelona masih tetap melakukan strategi yang sama.

Kedua tim juga sama-sama mendapat peluang emas. Hristo Stoickof yang tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Pagliuca masih gagal menyarangkan bola ke gawang Sampdoria.

Begitu juga Julio Salinas yang lolos dari sergapan beberapa pemain belakang Sampdoria ,gagal membuat gol untuk Barcelona. Tendangan yang dilakukannya memang sudah melewati Pagliuca,namun bola tersebut hanya menerpa tiang gawang.

Sampdoria juga tidak mau kalah. Beberapa peluang emas didapatkan Roberto Mancini. Beberapa kali Ia mendapat umpan lambung matang dari Attilio Lopmbardo,namun bola hanya melesat din atas Mistar gawang Andoni Zubizaretta,Kiper Barcelona.

Gol penentu kemenangan pun tercipta. Brmula dari pelanggaran pemai pengganti Sampdoria, Giovanni Invernizzi di depan kotak pinalti kepada Eusebio,memaksa wasit untuk memberi hadiah tendangan bebas untuk Barcelona.

ronald koeman barcelona

Ronald Koeman yang kala itu bertindak sebagai eksekutor tendangan bebas,melakukan tendangan keras ke sisi kanan gawang Sampdoria. Arah bola memang dapat dibaca oleh Gianluca Pagliuka,namun sayang Ia tak mampu menjangkau bola. Sehingga boal mulus masuk ke gawang Sampdoria. Kedudukan berubah untuk keunggulan Barcelona.

Hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan wasit,Gol yang diciptakan Ronald Koeman tersebut menjadi gol satu-satunya di final liga champion 1992.

Susunan Pemain Sampdoria di Final UCL 1992

Berikut ini skuad Sampdoria di final liga champion 1992 : Coach:
  1. Gianluca Pagliuca
  2. Moreno Mannini
  3. Srecko Katanec
  4. Fausto Pari
  5. Pietro Vierchowod
  6. Marco Lanna
  7. Attilio Lombardo
  8. Toninho Cerezo
  9. Gianluca Vialli
  10. Roberto Mancini (C)
  11. Ivano Bonetti
Pelatih : Vujadin Boškov

Susunan Pemain Barcelona di Final Liga Champions 1992

Berikut ini susunan pemain Barcelona pada final liga champion 1992 :
  1. Andoni Zubizarreta (C)
  2. Nando Muñoz
  3. Albert Ferrer
  4. Ronald Koeman
  5. Juan Carlos
  6. Jose Mari Bakero
  7. Julio Salinas
  8. Hristo Stoichkov
  9. Michael Laudrup
  10. Joseph Guardiola
  11. Eusebio Sacristan
Pelatih : Johan Cruyff

Serba-serbi Liga Champions Musim Kompetisi 1991/1992

  • Final liga champion 1992 adalah terakhir kali kompetisi antar club eropa ini menggunakan nama Piala Champions,karena di musim berikutnya  kejuaraan ini berganti nama menjadi liga champions atau UEFA CHAMPIONS LEAGUE.
  • Partai final cahmpions league 1992 digelar di Stadion Wembley (Inggris).
  • Sepanjang musim kompetisi 1991/1992, tercipta 192 gol dari 73 pertandingan yang telah diselenggarakan
  • Ada topskor di musim ini dengan masing-masing mencetak 7 gol. Jean-Piere Papin dari Marseille dan Sergei Yuran dari Benfica. Sumber : uefa.com
  • Joseph Guardiola dan Ronald Koeman (Barcelona) serta Gianluca Vialli (sampdoria) menjadi pemain yang paling banyak tampil di liga champions. Mereka tampil sebanyak 11 kali sepanjang musim 1991/1992.
  • Pemain jebolan final liga champion 1992 ini sekarang banyak yang menjadi pelatih top dunia. Roberto Mancini,Ronald Koeman,Joseph Guardiola,Srecko Katanec adalah pelatih yang sempat tampil di final liga champion 1992 tersebut.
Juara Liga Champion 1992

Kemenangan Barcelona final liga champion 1992 ini merupakan gelar pertama yang berhasil Mereka raih. Gelar kedua Mereka rengkuh pada final liga champions 2006 di Stadion Stade De France. Dalam daftar peraih juara champions league, saat ini Barcelona berada di posisi kelima dengan 5 gelar juara.

Posting Komentar untuk "Final Liga Champion 1992 Antara Sampdoria Melawan Barcelona"