Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Final Liga Champion 2006 Arsenal Melawan Barcelona

final liga champion 2006

Final Liga Champion 2006 Arsenal Vs Barcelona - Partai final Champions League 2006 yang berlangsung di Stade De France mempertemukan wakil Laliga dan wakil Liga Inggris. Dua tim yang bertanding di partai final ucl tersebut adalah Arsenal Vs Barcelona.

Pada pertandingan tersebut Barcelona tetap diunggulkan untuk keluar sebagai juara ucl. Mengingat saat itu Barca sedang dalam level permainan terbaiknya. Meski demikian Arsenal saat itu bukan tim yang bisa begitu saja diremehkan. Pemain-pemain kelas satu dunia masih ada disana.

Serba-serbi Final Liga Champion 2006

Sebenarnya Arsenal juga mencatatkan prestasi bahkan rekor tersendiri di ajang Liga Champions musim 2005/2006 tersebut. Anak asuh Arsene Wenger tersebut mencatatkan cleansheet atau tidak pernah kebobolan sekalipun di UCL sejak 27 Desember 2005 hingga mencapai partai final liga champion 2006 yang digelara pada 17 Mei 2006.

Catatan cleansheet ini terjadi selama sepuluh kali pertandingan yang dijalani Arsenal sebelum melaju ke babak final ucl 2006. Rekor ini memecahkan rekor sebelumnya yang berhasil ditorehkan oleh AC Milan. AC Milan membuat catatan cleansheet sebanyak 7 kali beruntun pada ajang Liga champions musim 2004/2005.

Arsene Wenger yang memasang 4 pemain belakang menjadi kunci kesuksesan tersebut. Sol Campbell,Kolo Toure,Emmanuel Eboue,dan Ashley Cole menjadi kombinasi pemain belakang dengan kerjasama yang apik kala itu.

Sedangkan Barcelona yang terbang ke Inggris membawa rasa kepercayaan diri yang tinggi. Pasalnya Elbarca siap tampil fullteam. Semua pemain inti Barcelona siap berjuang mati-matian demi Tropi Liga champion.

pemain barcelona 2006

Ronaldinho,Deco,Samuel Eto'o, trio lini depan Barcelona saat itu ready to fight. Didukung pemain bintang lain yang juga dalam permainan terbaiknya.

Dengan kondisi apik tim tersebut,anak asuh Frank Rijkaard tersebut siap merengkuh tropi ucl lagi. Terakhir kali Mereka sukses menjadi jawara kompetisi kelas wahid antar club eropa ini adalah tahun 1992.

Susunan Pemain di Final Liga Champion 2006

Susunan pemain Arsenal :
  1. Jens Lehmann
  2. Sol Campbell
  3. Emanuelle Eboue
  4. Kolo Toure
  5. Ashley Cole
  6. Cesc Fabregas
  7. Alexandre Hleb
  8. Gilberto Silva
  9. Robbert Pires
  10. Freddie Ljungberg
  11. Thiery Henry
Susunan Pemain  Barcelona :
  1. Victor Valdes
  2. Presas Oleguer
  3. Rafael Marquez
  4. Carlos Puyol
  5. Edmilson
  6. Giovanni Van Bronckhorst
  7. Deco
  8. Mark Van Bommel
  9. Ronaldinho
  10. Samuel Eto'o
  11. Ludovic Giuly

Jalannya Pertandingan Babak Pertama Partai Final Liga Champion 2006

Seperti biasanya, Barcelona tetap mendominasi jalannya pertandingan. Dimotori Ronaldinho di lini tengah,Barca tampil apik dengan melancarkan serbuan ke jantung pertahanan The Gunners.

Namun,solidnya pertahanan Arsenal yang dikomandoi Sol Campbell mampu meredam serangan Barcelona. Beberapa kali Samuel Eto'o dan Ludovic Giuly mendapatkan peluang emas ,namun Lehmann yang berada di bawah mistar gawang Arsenal berhasil menggagalkan peluang-peluang tersebut.

Arsenal juga tak diam begitu saja. Thiery Henry pun memberi ancaman serius ke gawang Barca. Bahkan di menit-menit awal, Pemain asal Prancis tersebut mebuat peluang emas. Namun sayang, Henry yang tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Victor Valdes gagal mengkonversi peluang tersebut menjadi gol.

jens lehmann arsenal

Petaka terjadi untuk Arsenal di pertandingan final liga champion 2006 ini, Jens Lehmann harus keluar lapangan pertandingann sebelum pertandingan usai. Penjaga gawang asal Jerman tersebut mendapat hukuman kartu merah. Lehmann yang berusaha menghentikan laju Samuel Eto'o dianggap melakukan pelanggaran kepada pemain asal kamerun tersebut.

Karena Lehmann dan Eto'o berhadapan satu lawan satu dan Eto'o berpeluang untuk mencetak gol,maka pelanggaran Jens Lehmann tersebut pun langsung diganjar kartu merah. Akibat insiden ini, Lehmann pun mencatatkan rekor untuk dirinya sendiri sebagai penjaga gawang pertama yang diusir dari lapangan hijau di partai final liga champion 2006.

Tampil dengan 10 pemain Arsenal malah sukses membuka keunggulan di penghujung babak pertama. Emmanuel Eboue yang mengirim umpan crossing dari sisi kiri pertahan Barcelona mampu dimanfaatkan Soll Campbell. Pemain pelontos tersebut sukses menyarangkan bola ke gawang barcelona yang dikawal Victor Valdes menit ke 37. Skor berubah menjadi 1 - 0 untuk keunggulan Arsenal hingga turun minum.

Jalannya Pertandingan Babak Kedua Final UCL 2006

Kehilangan satu pemain membuat Arsene Wenger sedikit mengubah strateginya. Arsenal pun cenderung bertahan di babak kedua. Hal ini dimanfaatkan oleh punggawa Barcelona untuk kian menggencarkan serangan ke jantung pertahanan The Gunners. Meskipun selalu kandas di kaki para pemain belakang Arsenal.

Ronadinho Cs tidak menyerah begitu saja. Upaya untuk menyamakan kedudukan semakin membuat Mereka mencoba berbagai cara untuk mencetak gol penyeimbang.

juara liga champion 2006

Usaha Barcelona pun akhirnya membuahkan hasil. Pada menit ke 76 Samuel Eto'o sukses menceploskan bola ke gawang Arsenal yang dikawal Manuel Almunia.

Tak berselang lama, Barcelona sukses menggandakan gol nya melalui gol yang dicetak Juliano Belleti. Pemain yang baru masuk di babak kedua tersebut berhasil mengecoh Almunia dan memastikan kemenangan Barcelona di final liga champion 2006 dengan skor 1 - 2.

Catatan Menarik Partai Puncak Liga Champions 2006

  • Partai final liga champion 2006 ini,bagi Arsenal adalah prestasi terbaik yang pernah Mereka capai
  • Arsenal mencatatkan rekor cleansheet 10 pertandingan sebelum mencapai partai final UCL
  • Jens Lehamann menjadi pemain pertama yang mendapat kartu merah di final liga champion
  • Kesuksesan Barcelona meraih juara liga champion 2006 tersebut adalah gelar keduanya. Barcelona meraih gelar pertamanya pada tahun 1992
  • Frank Rijkaard menjadi pelatih sekaligus pemain yang pernah meraih tropi champions league
  • Stade De France Stadium menjadi tempat Barcelona menjadi juara UCL untuk kali kedua
  • Ref : 11vs11

Final UCL 2006 ini menjadi satu-satunya prestasi terbaik Arsenal, karena hingga tahun 2021 ini, The Gunners gagal mengulang prestasi tersebut. Bahkan tim yang bermarkas di Emirates Stadium tersebut sudah 4 tahun berturyt gagal berpartisipasi di liga champions.

Sedangkan bagi Barcelona,final liga champion 2006 ini menjadi pintu yang terbuka untuk meraih gelar berikutnya. Tercatat Elbarca kembali meraih tropi juara champions league pada tahun 2009,2011,dan 2015.

Posting Komentar untuk "Final Liga Champion 2006 Arsenal Melawan Barcelona"