Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Final Liga Champion 2001 Bayern Munchen Vs Valencia

final liga champion 2001

Final Liga Champion 2001 - Partai final liga champions 2001 mempertemukan Bayern Munchen melawan salah satu waki dari Spanyol,Valencia.

Pada pertandingan yang dilangsungkan di markas AC Milan,San Siro, tersebut berakhir dengan kemenangan wakil Jerman,Bayern Munchen. FC Hollywood unggul atas Valencia melalui drama adu tendangan pinalti.

Jalannya Petandingan Partai Final Liga Champion Musim Kompetisi 2000/2001

Valencia yang saat itu dihuni oleh pemain-pemain top dunia,seperti John Carew (Norwegia), Pablo Aimar,Kily Gonzales, Roberto Ayala (Argentina),bermain trengginas sejak menit pertama. Bahkan Mereka sempat unggul cepat pada menit kedua babak pertama melalui tendangan dari titik putih pinalti.

Bermula dari insiden yang menyebabkan terjatuhnya Patrick Anderson di dalam kotak pinalti,pemain belakang Bayern tersebut secara tidak sengaja menyentuh bola dengan tangannya. Akibatnya wasit yang memimpin pertandingan final liga champion 2001 kala itu,Dick Jol,tak segan memberi hadiah tendangan pinalti untuk Valencia.

Bertindak sebagai algojo,Gaizka Mendieta,sukses mengelabuhi Oliver Kahn dan membawa Valencia unggul sementara atas Bayern Munchen.

Tak berselang lama.4 menit setelah gol Gaizka Mendieta tercipta, Bayern Munchen berkesempatan untuk menyamakan kedudukan. Ya,Bayern juga mendapat hadiah tendangan pinalti pada menit ke 6.

Hukuiman pinalti tersebut diberikan kepada Valencia akibat kesalahan yang dilakukan Joselyn Angloma. Pemaij berkebangsaan Prancis tersebut menjatuhkan Kapten Bayern,Stefen Efenberg di dalam kotak pinalti.

Namun sayang, Mehmet Scholl yang bertugas sebagai eksekuto pinalti gagal memanfaatkan kesempatan emas tersebut. Bola hasil tendangannya dapat diantisipasi dengan mudah oleh Santiago Canizarez,Kiper Valencia.

Hingga babak pertama usai,kedudukan masih tidak berubah. Valencia masih unggul dengan skor sementara 1 - 0.

di babak kedua,Bayern yang tertinggal satu gol berusaha untuk menyamakan kedudukan. Serangan demi serangan dilancarkan melalui kaki Stefen Efenberg,Mehmet Sholl,dan Hasan Salihamidzic.

Usaha Bayern tersebut akhirnya membuahkan hasil,pada menit 49,Bayern untuk kedua kalinya mendapat hadiah tendangan pinalti. Seakan tak mau mengulangi kesalahan yang sama seperti pada babak pertama,Stefen Efenberg mengambil alih tugas sebagai eksekutor. Efenberg pun sukses melaksanakan tugasnya dengan sempurna.

Skor berubah sama kuat 1 - 1. skor ini pun menjadi penutup babak kedua pertandingan final liga champion 2001.

Babak Tambahan Waktu Pertandingan Valencia Vs Bayern Munchen

Karena hingga babak kedua berakhir kedudukan sama kuat 1 - 1,pertandingan final champions league musim 2000/2001 pun dilanjutkan dengan babak extra time.

Pada babak extra time 2x15, kedua tim yang sama-sama mendapatkan banyak peluang emas juga sama-sama gagal mengkonversi peluang tersebut menjadi gol.

Sehingga untuk menentukan pemenang final liga champion tahun 2001 ini, mau tak mau kedua tim harus menjalani fase adu tendangan pinalti.

final champions league 2001 Pada fase ini,kedua tim mendapat kesempatan 7 kali tendangan pinalti setelah 5 kali kesempatan berakhir imbang. Dan Bayern Munchen lah yang akhirnya keluar sebagai pemenang final liga champion 2001,menebus kegagalan mereka di final champions league 1999 yang lalu. Saat itu,Oliver Kahn Cs kalah dramais dari Manchester United.

Penendang Pinalti Bayern Munchen :
  1. Paulo Sergio (gagal)
  2. Hasan Salihamidzic (goal)
  3. Alexander Zickler (goal)
  4. Andersson (gagal)
  5. Stefen Effenberg (goal)
  6. Bixente Lizarazu (goal)
  7. Thomas Linke (goal)
Penendang Pinalti Valencia :
  1. Mendieta (goal)
  2. Carew (goal)
  3. Zahovic (gagal)
  4. Carboni (gagal)
  5. Ruban Baraja (goal)
  6. Kily Gonzalez (goal)
  7. Pellegrino (gagal)

Pada pertandingan ini,Oliver Kahn sukses menepis bola tendangan pinalti dari Zlatco Zahovic,Amedio Carboni,dan Mauricio Pellegrino.

Bagi Bayern Munchen,Gelar juara liga champion 2001 ini merupakan gelar keempat yang berhasil dikoleksi oleh Tim asal Jerman tersebut. Tiga gelar sebelumnya sukses Mereka dapatkan secara beruntun pada musim kompetisi 1973/1974, 1974/1975, 1975/1976.

Susunan Pemain Bayern Munchen di Final Liga Champion 2001

  1. Oliver Kahn
  2. Patrik Andersson
  3. Samuel Kuffour
  4. Bixente Lizarazu
  5. Willy Sagnol
  6. Thomas Linke
  7. Owen Hargreaves
  8. Hasan Salihamidzic
  9. Stefan Effenberg
  10. Mehmet Scholl
  11. Giovane Elber
Pelatih : Otmar Hitzfeld

Susunan Pemain Valencia di Final Uefa Champions League 2001

  1. Santiago Canizares
  2. Amedeo Carboni
  3. Roberto Ayala
  4. Mauricio Pellegrino
  5. Jocelyn Angloma
  6. Pablo Aimar
  7. Cristian Alberto Kily Gonzalez
  8. Gaizka Mendieta
  9. Ruban Baraja
  10. John Carew
  11. Juan Sanchez
Pelatih : Hector Cuper (Argentina)

Serba-serbi Final Liga Champion 2001

final liga champions tahun 2001
  • Pada partai final liga champion 2001 ini,wasit Dick Jol memberi tiga kali hadiah tendangan pinalti. 2 untuk Bayern Munchen dan 1 untuk Valencia.
  • Oliver Kahn secara keseluruhan sukses menepis 4 tendangan pinalti.
  • John Carew mencatatkan penampilan terbanyak dengan total appearance 17 kali,disusul rekan setimnya,Joselyn Angloma 16 kali,dan Oliver Kahn juga dengan 16 kali penampilan
  • Valencia mencatatkan kegagalan beruntun di final liga champions. Pada final musim sebelumnya,1999/2000,Valencia kalah dari Real Madrid.
  • Statictics Source : uefa.com

Setelah final liga champion 2001 ini,Valencia seakan tenggelam dari peredaran. Penampilan Mereka menurun drastis. Hingga saat ini (2021) Valencia belum lagi menunjukkan taringnya di kancah liga champions eropa.

Sedangkan Bayern Munchen sekarang sukses sukses merangsek ke posisi ketiga dalam daftar peraih gelar liga champions terbanyak di eropa. untuk melihat daftarnya,silahkan baca disini.

Posting Komentar untuk "Final Liga Champion 2001 Bayern Munchen Vs Valencia"