Jumat, Februari 08, 2019

Proses Pencarian Emiliano Sala Hingga Ditemukan

Emiliano Sala ditemukan
Image : cardiffcityfc.co.uk
Emiliano Sala telah berpulang.Pemain asal Argentina tersebut mengalami kecelakaan pesawat saat menuju ke Prancis menggunakan pesawat jet pribadinya.Akibat kecelakaan tersebut,Jasad sang pemain baru bisa ditemukan setelah hampir tiga pekan dilakukan pencarian.

Kronologi singkat kejadian tersebut bermula saat Emiliano Sala memutuskan untuk kembali ke Prancis setelah melakukan kesepakatan kontrak dengan Cardiff City,tim asal Inggris yang rencananya akan menjadi tempat kelanjutan dari karir sepak bola pemain berusia 28 tahun tersebut.

Setelah pihak Cardiff secara resmi memperkenalkan Sala ke Publik pada tanggal 19 Januari 2019 sebagai rekor pembelian Tim asal Wales ini dengan nilai kontrak 15 Juta Piundsterling.Sala pun memutuskan kembali ke Nantes,Prancis.Ia mengenyampingkan tawaran sang manager untuk bertahan di Cardiff,Neil Warnock, guna menyaksikan laga mereka menghadapi Newcastle United.

Naas,pada hari itu juga,Sabtu,19 Januari 2019,kabar hilangnya pesawat piper malibu yang ditumpangi Sala dan Ibbotson yang merupakan Pilot pesawat tersebut kian santer diberitakan.

Tiga hari setelah kejadian tersebut,tim pencari yang berasal dari kepolisian Guernsey menyatakan menghentikan pencarian karena usaha mereka tidak menemukan hasil.

Keputusan tersebut memicu rasa solidaritas sesama pesepakbola dan para supporter.tak terkecuali Lionel Messi yang merupakan rekan senegaranya juga turut menyampaikan solidaritasnya kepada Sala.Senada dengan Presiden Argentina,Mauricio Macri,Ia juga meminta secara pribadi kepada Pemerintah Inggris untuk kembali melakukan pencarian Sala hingga ditemukan.

Selain dukungan moril,sejumlah pemain dan supporter juga berinisiatif untuk memberikan donasi yang diharapkan bisa membantu pihak keluarga Emiliano Sala untuk melakukan pencarian pribadi.Donasi tersebut mereka kumpulkan melalui situs GoFundMe.
Hasil donasi tersebut berhasil mengumpulkan dana sebesar £280 ribu jika di rupiahkan sekira 5 Milliar Rupiah.Pencarian pribadi tersebut dimulai pada 26 Januari 2019.
Emiliano sala ditemukan
Emiliano Sala
Angin pun berhembus dengan membawa kabar baik.Pencarian lanjutan yang dilakukan oleh tim Investigasi Kecelakaan Udara Inggris (AAIB) pada 3 Februari 2019 pun menuai hasil.Mereka menyatakan telah menemukan pesawat Piper Malibu yang membawa Sala dan David Ibbotson dikedalaman lebih dari 200 di selat Inggris dan berjarak sekira 33,7KM dari lepas pantai Guernsey.

Sehari kemudian,4 Februari 2019,dengan menggunakan Remotel Operated Vehicle (ROV) pihak AAIB menyatakan telah berhasil menemukan satu jenazah di dalam bangkai pesawat.

Jenazah yang ditemukan tersebut baru bisa diangkat dari pesawat setelah tiga hari kemudian,7 Februari 2019.Meski demikian pihak AAIB belum bisa memastikan identitas jenazah tersebut.

Kepastian identitas dari jenazah baru bisa di perjelas setelah pihak kepolisian Dorset menyatakan bahwa jenazah tersebut berhasil teridentifikasi sebagai Emiliano Sala.

Rest In Peace Emiliano Sala
Previous Post
Next Post

post written by: