Selasa, Januari 29, 2019

Sekelumit Catatan Sejarah Gol Tangan Tuhan Diego Maradona

Gol tangan tuhan maradona
Insiden Terjadinya Gol Tangan Tuhan
"Gol Tangan Tuhan",demikian sebutan yang melegenda atas Gol yang dicetak Diego Armando Maradona ke Gawang Inggris.

Gol yang sejatinya adalah handsball tersebut tentu akan tetap dikenang sampai kapanpun.setidaknya selama sepak bola masih dimainkan di muka bumi.
Meskipun masih ada juga gol dengan cara yang sama tercipta dikemudian hari,namun kenangan menyakitkan yang didapatkan Tim Nasional Inggris pada Piala Dunia 1986 tersebut menjadi luka sejarah yang sulit dihilangkan bekasnya,khususnya bagi penjaga gawang Inggris kala itu,Peter Shilton.

Penulis sengaja mempublikasikan Artikel seputar Gol Tangan Tuhan oleh Super Star Argentina ini,tak lain dan tak bukan sebagai dokumentasi sekaligus pengingat bahwa kontroversi dalam pertandingan sepak bola sudah terjadi sejak lama.Apalagi saat itu penulis masih dalam proses pembuahan dalam rahim Sang Ibunda.😂

Terjadinya Gol Kontroversial Maradona tersebut tepat pada babak perempatfinal Piala Dunia 1986 yang kala itu diselenggarakan di Meksiko,tepatnya tanggal 22 juni.
Sejatinya bukan Meksiko yang bertindak sebagai tuan rumah ajang kompetisi sepak bola empat tahunan ini,akan tetapi Meksiko menggantikan posisi Kolombia yang saat itu sedang dilanda bencana gempa bumi.

Selain mencetak gol dengan taangannya,Maestro sepak bola Argentina tersebut juga sukses membuat Gol kedua yang sangat fenomenal dan mampu memukau penonton kala itu.Gol kedua yang Ia cetak terlebih dahulu melalui proses aksi individu dengan skill sempurna yang Ia miliki,dengan melewati beberapa pemain belakang Inggris dan Juga Penjaga gawang Peter Shilton yang harus rela gawangnya dibobol kali kedua oleh Diego Maradona.

Meskipun Gol kedua yang dicetak Maradona termasuk Gol indah,namun publik sepak bola dunia lebih terfokus pada Gol pertama yang diciptakannya.

Gol Tangan Tuhan tersebut tercipta bermula dari counter attack pemain-pemain Argentina dengan gaya tiki-taka ala Barcelona di era milenium ini.
Pada saat yabg sama Maradona berhasil menjangkau bola yang kemudian berlari cepat ke arah kotak penalti Tim Nasional Inggris.Situasi yang tidak memungkinkan bagi Maradona untuk beraksi sendirian,karena beberapa pemain inggris siap menghadang pergerakannya,Ia pun dengan cepat mengirim bola ke arah rekannya,Jorge Valdano.

Valdano yang juga dalam situasi dalam penjagaan ketat lawan tak mau ambil resiko.Ia menerima bola yang dengan segera mengirim bola kembali ke arah Maradona yang sudah berhadapan satu lawan satu dengan Peter Shilton.

Bola yang melambung datangnya,secara logika tidak mungkin terjangkau oleh Kepala Maradona yang memiliki postur tubuh yang tak terlampau tinggi,nyatanya bola sukses masuk ke gawang Shilton setelah Tangan Maradona dengan sengaja menyentuh si kulit bundar.
Memang sekilas tak tampak apa yang dilakukan oleh Maradona tersebut,pasalnya ayunan tangan kirinya bergerak senada dengan kepalanya.Sehingga hakim garis yang berada di sisi kanan kurang jeli menyaksikan insiden tersebut.

Sang Wasit pun dengan serta merta mengesahkan gol tersebut meski protes keras dilancarkan oleh para pemain inggris.Namun,wasit tak bergeming dengan apa yang telah Ia putuskan.

Gol Tangan Tuhan pun tercipta.dan hingga kini perilaku tak sportif Maradona tersebut masih tetap dikenang hingga sekarang.
Previous Post
Next Post

post written by: