Senin, Mei 22, 2017


Gelaran kompetisi Liga Inggris musim 2016/2017 telah resmi usai.sebanyak 760 pertandingan juga sukses di gelar.semua tim sudah menyelesaikan ke 38 pertandinganya masing-masing.

Hasilnya Chelsea keluar sebagai tim juara,mengungguli ke 19 tim kompetitor lainya.
Dari 38 pertandingan yang sudah di lakoninya,anak asuhan Antonio Conte ini berhasil mengkoleksi 93 poin,jauh di atas Runner-Up Tottenham Hotspur yang mengumpulkan 86 poin.

◼ JUARA LIGA INGGRIS

Chelsea sukses keluar sebagai Juara Liga Inggris musim 2016/2017,dan menjadi gelar ke-6 mereka sebagai kampiun di liga kasta tertinggi Britania Raya ini.

Tidak seperti Tim lainya,Arsenal dan Liverpool yang ngebut di awal musim.Chelsea justru sempat keteteran di awal musim.lumrah saja karena mereka sedang dalam masa transisi akibat pergantian posisi kepelatihan,dari Jose Mourinho ke Antonio Conte.

Namun,masa transisi tersebut tidak berlangsung lama.mereka pun kembali ke trend positif dengan strategi baru yang di usung pelatih baru,Antonio Conte.

Di bawah arahan Conte,Chelsea tampak berubah gaya mainya.maklum saja sang pelatih berasal dari negara dengan gaya permainan yang berbandinga berbalik.seperti di ketahui bahwa gaya main Italia cenderung bertahan,sementara Inggris full menyerang.

Gaya main ini pun nyatanya memang di adopsi dan di kombinasi dengan apik oleh Conte.antara main bertahan dan menyerang mereka seimbangkan.dengan mengandalkan serangan dari sisi sayap mereka.

Selain sukses bagi Chelsea,bagi Conte juga demikian.Ia berhasil mencatatkan namanya sebagai salah satu Pelatih debutan di liga inggris yang langsung sukses menyabet gelar Juara.

Ia pun berpeluang untuk menyamai rekor seniornya,Carlo Ancelotti yang juga sukses membawa Chelsea juara liga inggris di musim perdananya,sekaligus sukses menyabet gelar juara FA Cup.jika saja nanti pada final FA Cup melawan Arsenal,Conte mampu mengungguli Arsene Wenger.(Sabtu,27/5/2017

◼ TOPSKOR LIGA INGGRIS

Ketika laga masih menyisakan dua pertandingan lagi,Lukaku sementara memimpin perolehan gol.Pemain asal belgia tersebut sukses mengemas 24 gol.

Namun,kejutan di mulai Harry Kane yang sebelumnya berada di posisi kedua dengan 22 gol,akhirnya menyodok ke posisi pertama berkat 4 golnya ke gawang Leicester City.koleksi golnya pun bertambah menjadi 26 gol,unggul atas Lukaku yang masih dengan 24 gol.

Striker Tim Nasional Inggris ini pun kian menegaskan dirinya sebagai striker tersubur liga inggris.pada pertandingan penutup saat melawan Hull City Ia mampu mencetak 3 gol dari 6 gol kemenangan Tottenham atas Hull City.pertandingan tersebut berakhir dengan skor 6 - 1.

Harry Kane resmi di nobatkan sebagai Topskor Liga Inggris Musim kompetisi 2016/2017,dengan jumlah total sebanyak 29 gol.

Dan inilah Daftar 5 pencetak gol terbanyak Liga Inggris:

  1. Harry Kane (Tottenham Hotspur)➡29 gol
  2. Romelu Lukaku (Everton)➡25 gol
  3. Alexis Sanchez (Arsenal)➡24 gol
  4. Diego Costa (Chelsea)➡20 gol:
  5. Sergio Aguero (Manchester City)➡20 gol

◼ PEMAIN TERBAIK

Gelandang lincah asal Prancis,N'golo Kante akhirnya kembali terpilih sebagai pemain terbaik liga inggris.

Di Chelsea Ia mendapat kepercayaan penuh dari sang pelatih Antonio Conte untuk menjadi organisator di lini tengah.Ia pun tidak menyia-nyiakan kepercayaan Conte dengan menunjukkan permainan terbaiknya.dan menggeser posisi yang sebelumnya di perabkan Cesc Fabregas Soler.

Meski hanya mencetak satu gol saja di sepanjang musim ini,namun kontribusinya untuk Chelsea tidak perlu di ragukan lagi.permainanya yang tergolong energik nyatanya mampu menjadi motor di lini tengah Chelsea.

Dari 34 penampilanya musim ini,Ia berhasil melakukan 45 clearances, 83 intersep, dan empat blok untuk membantu pertahanan Chelsea.

Selain rajin membantu pertahanan,Ia juga mampu menciptakan peluang-peluang emas bagi Chelsea.tercatat Ia sukses membuat 22 peluang di kotak penalti lawan.

Pemain yang musim sebelumnya juga sukses mendapat medali emas liga inggris bersama Leicester City ini,sukses mengalahkan nominasi lainnya.seperti,rekan setimnya Eden Hazard dan Cesar Azpilicueta,Harry Kane,Dele Alli,Jan Vertonghen,Romelu Lukaku,dan Alexis Sanchez.

◼ PENJAGA GAWANG TERBAIK

Chelsea nampaknya sukses besar musim ini,selain sukses merengkuh gelar Juara,Chelsea juga mengirimkan pemain-pemainnya menjadi yang terbaik di liga Inggris.N'golo Kante sebagai pemain terbaik dan Thibaut Courtois sebagai penjaga gawang terbaik.

Bagi Courtois,raihan Golden Glove ini menjadi prestasi pertamanya bersama Chelsea.Ia tercatat sebagai penjaga gawang kedua Chelsea yang memenangkan Golden Glove.sebelumnya adalah Petr Cech yang sukses menyabet gelar penjaga gawang terbaik sebanyak tiga kali bersama Chelsea.

Dari catatan statistik selama musim kompetisi 2016/2017 ini.Courtois tercatat sukses membuat Cleansheet bagi gawang Chelsea sebanyak 16 kali.dengan selisih satu Cleansheets,Hugo Lloris dari Tottenham Hotspur membuntuti Courtois di posisi kedua.

Dengan usianya yang masih tergolong muda,yakni 25 tahun,Ia masih memiliki kesempatan yang sama untuk meraih Golden Glove di musim-musim kompetisi berikutnya.dan bisa saja Ia melewati rekor yang di torehkan Petr Cech saat masih membela Chelsea dengan tiga gelarnya.

◼ TIM DEGRADASI KE DIVISI CHAMPIONSHIP

Nasib buruk tampaknya masih berada di tangan David Moyes.setelah gagal bersama manchester united 2014 yang lalu dan berujung pemecatan,Ia juga mengalami hal yang sama saat menukangi tim asal spanyol Real Sociedad.

Di spanyol,Ia pun mengalami hal yang sama.tidak sampai semusim bersama Sociadad,Ia kembali di pecat karena tidak berhasil mendongkarak prestasi tim.

Dan kali ini,Ia juga kembali mengalami kegagalan saat menjadi arsitek Sunderland.bersamanya,Sunderland harus turun panggung ke divisi championship.

Dari 38 laga yang telah di lakoni,Sunderland hanya mampu mengumpulkan 24 poin,dan menjadj juru kunci klasemen liga inggris musim 2016/2017.

Selain Sunderland,Hull City dan Middlesbrough juga mengalami hal yang sama.mereka harus terdegradasi ke divisi championship musim depan.

Sebagi pengganti ketiga club tersebut,Newcastle United dan Brighton & Hove Albion akan naik panggung ke Premier League musim depa.

Kedua tim tersebut berhasil menduduki peringkat pertama dan kedua divisi championship.Newcastle United yang di arsiteki Rafael Benitez sukses menjadi juaranya,sedangakan Brighton & Hove Albion menjadi Runner-Up.

Satu tim lainnya akan di tentukan setelah laga Play Off.ada empat tim yang akan bertarung memperebutkan satu tiket promosi ke premiere league.

Keempat tim tersebut adalah Reading,Sheffield Wednesday,Huddersfield Town dan Fullham.


Previous Post
Next Post

post written by: