Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

8 Negara yang Masuk dalam Daftar Juara Piala Dunia

daftar juara piala dunia

Daftar Juara Piala Dunia - Piala dunia telah di selenggarakan sebanyak 20 kali sejak 1930. dari tahun di mulainya turnamen tersebut,harusnya sudah terselenggara 22 kali.

Namun,akibat perang dunia yang terjadi saat itu,yakni tahun 1942 dan 1946 turnamen akbar antar negara ini harus di hentikan untuk sementara.

Dari 20 kali edisi tersebut,tercatatlah negara pemenang Tropi Jules Rimet ini. dan brasil saat ini masih menduduki peringkat pertama dengan raihan gelar 5 kali juara.berikut ini daftar juara piala dunia :

1. BRASIL Pemuncak Daftar Juara Piala Dunia (5 gelar juara)

Brasil merupakan negara yang sudah tak perlu lagi di ragukan dalam masalah sepak bola.bisa di bilang bahwa negara yang berada di kawasan benua Amerika Utara ini menjadi pusatnya kerajaan sepak bola. Terbukti dengan prestasi Mereka yang berhasil memuncaki posisi tertinggi dalam daftar juara piala dunia.

Tentu bukan isapan jempol saja,karena negara ini termasuk pemasok pemain-pemain kelas dunia. Jasa pemain asal negeri samba ini hampir di pakai oleh club-club di seluruh dunia.

Mulai dari club dari negara dengan label kompetisi kelas satu,sampai negara dengan label kompetisi kelas amatir pun tidak luput dari serbuan pemain asal brasil.

Sebut saja nama-nama bintang asal brasil yang sudah akrab di telinga para pecinta bola.Pele,Ronaldo,Ronaldinho,Rivaldo,Neymar,dan masih banyak yang lainya.

Prestasi brasil di kancah dunia juga tercatat paling gemilang di banding negara lain,khususnya di ajang Piala Dunia.

Saat ini,mereka mencatatkan rekor sebagai negara yang paling sering menjadi jawara ajang turnamen empat tahunan ini.

Sejak di gelarnya piala dunia tahun 1930,brasil telah memenangkan kejuaraan ini sebanyak 5 kali. Yakni tahun 1958, 1962, 1970, 1994,dan 2002. Sekarang Brasil menjadi pemilik gelar juara piala dunia terbanyak.

2. ITALIA (4 gelar juara)

Negara kedua sebagai pemegang rekor juara terbanyak di piala dunia adalah Italia. Negara yang masuk kawasan benua Eropa selatan ini,sempat menjadi kiblat sepak bola modern dengan liga domestiknya,Lega Calcio,beberapa tahun yang lalu.

Populernya liga Calcio menjadi daya tarik tersendiri bagi pemain bola dari seluruh dunia. Sehingga menjadi tujuan pemain untuk mengemngkan bakat dan karir sepak bolanya di negeri Romawi ini.

Prestasi Italia di kancah piala dunia juga termasuk gemilang.tercatat mereka sudah memenangkan gelar juara turnamen sebanyak 4 kali.tahun 1934, 1938, 1982, dan 2006.

3. JERMAN (4 gelar juara)

Saat ini jerman merupakan juara bertahan piala dunia.Mereka memenangkan turnamen yang di gelar di brasil 2014 yang lalu,setelah mengalahkan Argentina di babak final dengan skor 1 - 0. Berkat gol yang di cetak Mario Gotze di babak extra time.

Bersama Italia,Jerman menjadi negara eropa yang paling sukses di piala dunia. Mereka sama-sama mengkoleksi 4 gelar juara.Jerman sendiri menjadi juara piala dunia pada tahun 1954, 1974, 1990,dan 2014.

4. ARGENTINA (2 gelar juara)

Seperti halnya brasil,Argentina juga merupakan pemasok pemain kelas dunia. Sebut saja sang legenda Diego Armando Maradona,Javier Zanetti,Sergio Kun Aguero,Juan Roman Requelme,Hernan Crespo,dan tentunya sang mega bintang Lionel Messi.

Nama terakhir,yakni Lionel Messi,bahkan mampu mencatatkan rekor sebagai pemain yang paling banyak mendapat penghargaan sebagai pemain terbaik dunia. La Pulga(julukan Messi) meraih Ballon d'Or sebanyak 6 kali.gelar-gelar tersebut Ia dapatkan saat bermain dengan club asal spanyol,Barcelona.

Namun,prestasi gemilang para pemain Argentina tersebut tidak serta merta membawa keberuntungan bagi mereka. Terbukti di kancah dunia,khususnya piala dunia mereka hanya mampu mengkoleksi 2 gelar juara. Yakni tahun 1978 dan 1986.

5. URUGUAY (2 gelar juara)

Uruguay merupakan negara di kawasan Amerika selatan atau Amerika Latin.tidak jauh beda dengan negara di kawasan ini,seperri brasil,argentina,colombia dan lain-lain. Mereka juga termasuk pemasok pemain kelas dunia.sebut saja Paolo Montero,Diego Forlan,Gustavo Poyet,Diego Lugano,Luiz Suarez,Edinson Cavani,dab lain-lain.

Selama berpartisipasi di piala dunia,Uruguay sukses menyabet dua gelar juara.yakni tahun 1930 dan 1950.

6. PRANCIS (2 gelar juara)

Satu gelar juara yang pertama kali berhasil di raih Prancis terjadi pada tahun 1998 yang kebetulan di gelar di negara Mereka sendiri.

Dengan deretan nama pemain bintang mereka,Prancis sukses memanfaatkan momentum sebagai tuan rumah piala dunia 1998.

Pemain-pemain bintang prancis yang berperan penting dalam suksesnya menyabet gelar juara saat itu antara lain ; Zinedine Zidane,Thiery Henry,Patrick Vieira,Emanule Petit,David Trezeguet,Bixente Lizarazu,Laurent Blank,Fabian Bartez(GK).

Sedangkan gelar juara piala dunia kedua Mereka raih saat Piala Dunia dilangsungkan di negeri beruang putih,Rusia. Tepatnya pada tahun 2018 yang lalau.

Salah satu pemain Mereka pun mendapatkan gelar sebagai pemain muda terbaik. Pemain tersebut adalah Kylian Mbappe Lottin. Selain itu,Mbappe juga mencatatkan rekor sebagai pencetak gol termuda untuk Negaranya tersebut.

7. INGGRIS (1 gelar juara)

Inggris merupakan Negara dengan kompetisi sepak bola yang paling bergengsi.

Premiere League,demikian sebutan untuk kompetisi sepak bola di britania raya ini,menjadi liga paling di minati oleh pemain sepak bola dari seluruh dunia.

Meskipun mendapat label liga paling populer bahkan terbaik di dunia,tidak serta merta membuat inggris menjadi negara terbaik di bidang sepak bola. Khususnya di ajang piala dunia.

Buktinya mereka hanya mampu mengkoleksi 1 gelar juara piala dunia.itu pun sudah terjadi lebih dari setengah abad yang lalu,tepatnya tahun 1966.

8. SPANYOL (1 gelar juara)

Tim matador spanyol pertama kali meraih gelar juara piala dunia tahun 2010 yang lalu. Setelah mengalahkan belanda di babak final dengan skor 1 - 0.

Gol penentu kemenangan spanyol tersebut di cetak pemain asal club Barcelona,Andreas Iniesta.

Daftar juara piala dunia di atas tentu akan bisa berubah seiring masih berjalannya turnamen antar Negara dunia ini. Untuk gelaran World Cup selanjutnya akan digelar di Negara Qatar tahun 22 mendatang.